MAKALAH PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM



KELOMPOK VIII






Oleh :::
KETUA        : WIWIK ROMANSYAH
                        ANGGOTA          : SITI MAEMANAH       
                                                : SITI HADIJAH
Kelas : 1 / c
                                                PEMBIMBING                  : HUSNIATI, M.pd                                i
                                                Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pendidikan Sebagai Sistem ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan tidak lupa pula kami panjatkan sholawat dan salam kepada junjungan alam nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa ummat dari jalan yang gelap gulita ke jalan yang terang benderang seperti saat ini.  Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Husniati, M.pd selaku Dosen mata kuliah Pengantar Pendidikan UNRAM yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
       Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.



Mataram, 02 September  2015





                                                                                                                                                                        Ii


Daftar  isi
Halaman Judul…………………………………………………………………………………………………… i
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………………. ii
Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………………… iii
Bab 1 Pendahuluan
Latar Belakang Masalah…………………………………………………………………………………… 1
Rumusan Masalah……………………………………………………………………………………………  1
Tujuan Penulisan……………………………………………………………………………………………… 1
Bab Ll Pembahasan
Pengertian Sistem……………………………………………………………………………………………. 2
Karakteristik Sistem…………………………………………………………………………………………. 2
Komponen Serta Saling Ketergantungan Antar Komponen………………………………. 3
Bab Lll Penutup
Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………. 7
Pesan/Saran……………………………………………………………………………………………………… 7
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………………………… 8





                                                                                                                                   iii

BAB II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Sistem
                 Ada beberapa pengertian sistem yakni sbb :
a.       Istilah sistem berasal dari bahasa yunani yakni  “systema” yang berarti sehimpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu keseluruhan.
b.      Menurut Zahara Idris (1987), sistem adalah satu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen  atau elemen-elemen atau unsur-unsur sebagai sumber yang mempunyai hubungan fungsional yang teratur, tidak secara acak yang saling membantu untuk mempunyai suatu hasil(produck).
c.       Menurut Ryans (1968) yakni sistem adalah suatu kumpulan elemen-elemen yang bias dikenalil seperti : objek, orang, kegiatan,rekaman informasi dan sebagainya, yang saling berhubungan dan berkaitan erat satu sama lain dalam suatu proses atau struktur yang mempunyai  fungsi organisasi guna membuhkan hasil.
d.      Sistem adalah Kelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan (McLeod, 2001)
e.       Seperangkat unsur yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam satu lingkungan tertentu (ludwig, 1997)
           Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem mengandung komponen  yang saling  berkaiatan(interrelated), merupakan suatu kesatuan (unity) dan bertujuan.
2.2. Karakteristik Sistem
a.       Mempunyai unsur-unsur/ elemen/ komponen yang saling berhubungan.
b.      Unsur-unsur/ elemen/ komponen dalam suatu sistem menunjukkan  adanya   kesatuan dalam proses yang mengarah pada satu tujuan.            
c.       Pencapaian tujuan ditandai dengan berfungsinya secara terorganisir komponen/ elemen/ unsur-unsur di dalam sistem tersebut .
                                                                                                                  2
                  3.2.Komponen Serta Saling Keterhubungan Komponen Tersebut dalam Pendidikan
        Terdapat dua komponen dalam garapan pendidikan sebagai sistem yaitu Tinjauan
                    pendidikan secara mikro dan Tinjauan pendidikan secara makro.

a.           Tinjauan Pendidikan Secara Mikro
Secara mikro, garapan pendidikan dapat dilihat dalam beberapa komonen pokok yaitu :

v  Tujuan
v  Bahan
v  Pendidik
v  Peserta didik

v  Proses
v  Hasil
v  Balikan


Lihatlah kajian berikut :
pendidik
 


BALIKANN
HASIL
PROSES
TUJUAN
bahan
                                     
                                                         S       
PESERTA DIDIK
                     




                                                                                                                                         3
                                                                                                                                       

PENJELASAN : 
Dalam kajian mikro, unsur pendidik dan peserta didik serta interaksi keduanya merupakan isu utama dalam suatu program pendidikan. Polanya lebih merupakan pendidikan sebagai upaya mencerdaskan peserta didik melalui proses interaksi dan komunikasi yaitu ada pesan yang ingi disampaikan dalam bentuk bahan ajar. Isi pesan tersebut dirancang sedemikian rupa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kemudian fungsi pendidik lebih merupakan pengirim pesan melalui kegiatan pembelajaran dikelas Maupin di luar kelas. Sedangkan peserta didik lebih merupakan penerima pesan mengenai bahan belajar yang sudah dirancang sejak awal. Proses belajar ini bisa  dirasakan efektif  bila terjadi proses komnikasi dua arah melalui berbagai saluran dalam bentuk ragam sumber belajar dan media belajar yang digunakan.      
b.      Tijauan Pendidikan  Makro
            Secara makro, simtem pendidikan menyangkut berbagai hal atau komponen yang lebih luas lagi yaitu :
v  Masukan (input)
Ada 4 jenis masukan pendidikan yaitu terdiri dari :
·         Sistem nilai dan pengetahuan misalnya falsafat Negara, tujuan pendidikan nasional dsb.
·         Sumber daya manusia, termasuk di dalamnya masyarakat, peserta didik, pendidik, dsb.
·         Masukan instrumental seperti perangkat kurikulum, panduan, silabus  dsb.
·         Masukan sarana termasuk di dalamnya fasilitasnsarana pendidikan yang harus dipersiapkan.
v  Proses
    Yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar atau proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
Dalam komponnen proses ini termasuk di dalamnya telaah kegiatan belajar dengan segala dinamika dan unsur yang mempengaruhinya, serta telaah kegiatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam kerangka memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk terjadinya proses pembelajaran.
                                                                                                              4



v  Keluaran (output)
    Hasil yang diperoleh pendidikan bukan hanya terbentuknya pribadi lulusan atau peserta didik yang memiliki pengetahuan,sikap, dan keterampilan sesuai dengan  yang diharapkan dalam tujuan yang ingin dicapai. Namun juga keluaran pendidik mencakup segala hal yang dihasilkan oleh garapan pendidikan berupa kemampuan peserta didik, produk jasa dalam pendidikan seperti hasil penelitian, serta produk barang berupa karya intelektual ataupun karya yang fatnya fisik material

v  Komponen pendidikan menurut  P.H.Coombs(1968)
            P.H.Coombs mengungkapkan 12 komponen pendidikan yang berkaitan dan berhubungan satu sama lain yakni sbb :
1.Tujuan dan Prioritas
    Yakni komponen yang mengungkapkan ke arah  mana garapan pendidikan akan diarahkan dan kegiatan apa yang menjaadi focus garapan untuk mencapai garapan tersebut.
2.      Pesesrsta Didik
    Yakni fungsinya belajaar dan peserta didik mengalami proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan system pendidikan.
3.      Manajemen atau Pengelola
    Berfungsi mengkoordinasi, mengarahkan, dan menilai system pendidikan.
4.      Struktur dan Jadwal Waktu
    Yakni sebagai pengatur pembagian waktu dan kegiatan.
5.      Isi dan Bahan Belajar
    Yakni menggambaarkan luas dan dalamnya bahan pelajran yang harus dikuasai peserta didik.
6.      Pendidik
    Komonen sumber daya instansi yang melaksanakan garapan pendidikan. Fungsinya memberikan layanan untuk kelancaran proses pembelajaran kepada peserta didik.
7.      Alat Bantu Belajar
    Berfungsi membuat proses pendidikan yang lebih menarik dan bervariasi dan berfungsi member kemudahan belajar kepada didik.
8.      Fasilitas
    Komponen ini merupakan sarana dan prasarana pendukung terjadinya proses belajar mengajar.                                                             
                                                                                                                                   5
9.      Teknologi
    Komponen yang berfungsi melancarkan dan meningkatkan cara kerja proses pendidikan
10.  Pengawasan mutu
    Komponen pokok yang mengatur terbinanya kualitas hasil pendidikan sesuai dengan harapan dan cita-cita. Melalui komponen ini, program pendidikan lebih ditingkatkan terutama yang berkaitan dengan produk yang dihasilkan.
11.  Penelitian
    Komponen yang bersumber pada pengetahuan ilmiah ke arah pengetahuan system pendidikan.
12.  Ongkos Pendidikan
    Merupakan karya biaya (cost) atas pelaksanaan pendidkan yang fungsinya untuk meningkatkan efisiensi dan efektiitas program pendidikan yang dilalksanakan.
   
Secara lebih lengkap tentang kajian makro system pendidikan ini dapat dilihat pada diagram berikut ini :
Proses Pendidikan
1.      Tujuan
2.      Peserta didik
3.      Manajemen
4.      Struktur/Jadwal
5.      Isi
6.      Pendidik
7.      Alat Bantu Pendidikan
8.      Fasilitas
9.      Teknologi
10.  Pengawasan Mutu
11.  Penelitian
12.  Biaya
 




                                                                             
MASUKAN
HASIL
 







                                                                                                                                    6
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Mengingat ilmu merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai pondasi kehidupan dan merupakan penentu hidup manusia. Bahkan di dalam islam, ilmu itu wajib dituntut sejak lahir sampai akhir hayat seseorang. Maka untuk mendapatkan ilmu tersebut seseorang harus menempuh yang namanya pendidikan. Baik di mulai dari keluarga maupun sampai ke pergurun tinggi, baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
                     Oleh karena itu kita perlu mengetahui  bagaimana ilmu itu dapak kita miliki dengan menempuh pendidikan dan mengetahui juga sistem pendidikan guna menciptakan manusia-manusia yang yang berahlak dan berkompeten penulis membuat makalah ini.
1.2  Rumusan Masalah
a.       Apa itu sistem ?
b.      apa saja karakteristik sistem ?
c.       Apa saja komponen-komponen Sistem ?
d.      Bagaimana hubungan antar komponen tersebut ?
1.3  Tujuan Penulisan
a.       Mengetahui pengertian sistem !
b.      Mengetahui karkteristik sistem !
c.       Pembaca dapat memahami komponen-komponen dalam sistem !
d.      Pembaca juga bisa mengetahui dan mengerti bahwa komponen-komponen dalam pendidkan mempunyai hubungan yang sangat erat !





                                                                                                                                            7
                                                                                                                                          
                                                                                           
BAB  III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
           Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem mengandung komponen  yang saling  berkaiatan(interrelated) dan merupakan suatu kesatuan (unity) dan bertujuan yang mempunyai dua komponen yakni dapat dilihat secara mikro dan secara makro dan juga mempunyai 12 komponen yang sangat penting yakni : tujuan, peserta didik, manajement, struktur/jadwal, isi, pendidik, alat bantu pendidikan , fasilitas, teknologi, pengawasan mutu, penelitian, dan biaya yang semuanya saling mempengaruhi dan salaing ketergantungan berdasarkan fungsi masing-masing komponen.
3.2 Pesan/Saran
     Dengan adanya maklah yang sederhana ini penulis sangat mengharapkan agar makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Penulis juga mengucapkan beribu ucapan kata maaf jika terdapat banyak kekurangan-kekkurangan yang terdapat dalam makalah ini. Oleh sebab itu penulis mohon dan meminta kepada para pembaca agar dapat memberikan kritik atau saran yang bersifat membangun guna perbaikan makalah yang sangat sederhana ini dan penulis juga mengucapkan terima kasih.









                                                                                                                                             8




Daftar Pustaka
§  Supardi, dkk(2007). Pengantar Pendidikan.Jakarta:Universitas Terbuka.
§  Rasyid, dkk(2012).Pengantar Ilmu Pendidikan.Jakarta:UTM Press.
§  Google searching.










                                                                                                          








                                                                                                                                               9

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ASAS POKOK PENDIDIKAN

pengantar pendidikan (perkiraan masyarakat masa depan/modern

MAKALAH TEORI-TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME, HUMANISTIK, REVOLUSI SOSIAL-KULTURAL dan KECERDASAN GANDA