MAKALAH PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
KELOMPOK VIII
Oleh
:::
KETUA : WIWIK ROMANSYAH
ANGGOTA
: SITI MAEMANAH
:
SITI HADIJAH
Kelas : 1 / c
PEMBIMBING : HUSNIATI, M.pd i
Kata Pengantar
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT. karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan
hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pendidikan Sebagai Sistem
ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan tidak lupa pula kami
panjatkan sholawat dan salam kepada junjungan alam nabi besar Muhammad SAW,
yang telah membawa ummat dari jalan yang gelap gulita ke jalan yang terang
benderang seperti saat ini. Dan juga
kami berterima kasih pada Ibu Husniati, M.pd selaku Dosen mata kuliah Pengantar
Pendidikan UNRAM yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Mataram, 02 September
2015
Ii
Daftar isi
Halaman Judul…………………………………………………………………………………………………… i
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………………. ii
Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………………… iii
Bab 1 Pendahuluan
Latar Belakang Masalah…………………………………………………………………………………… 1
Rumusan Masalah…………………………………………………………………………………………… 1
Tujuan Penulisan……………………………………………………………………………………………… 1
Bab Ll Pembahasan
Pengertian Sistem……………………………………………………………………………………………. 2
Karakteristik Sistem…………………………………………………………………………………………. 2
Komponen Serta Saling Ketergantungan Antar
Komponen………………………………. 3
Bab Lll Penutup
Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………. 7
Pesan/Saran……………………………………………………………………………………………………… 7
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………………………… 8
iii
BAB
II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian
Sistem
Ada beberapa pengertian sistem
yakni sbb :
a.
Istilah sistem berasal dari bahasa
yunani yakni “systema” yang berarti
sehimpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan
merupakan suatu keseluruhan.
b.
Menurut Zahara Idris (1987), sistem
adalah satu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen atau elemen-elemen atau unsur-unsur sebagai
sumber yang mempunyai hubungan fungsional yang teratur, tidak secara acak yang
saling membantu untuk mempunyai suatu hasil(produck).
c.
Menurut Ryans (1968) yakni sistem adalah
suatu kumpulan elemen-elemen yang bias dikenalil seperti : objek, orang,
kegiatan,rekaman informasi dan sebagainya, yang saling berhubungan dan
berkaitan erat satu sama lain dalam suatu proses atau struktur yang
mempunyai fungsi organisasi guna
membuhkan hasil.
d.
Sistem adalah Kelompok elemen yang
terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan (McLeod, 2001)
e.
Seperangkat unsur yang saling
berhubungan dan saling mempengaruhi dalam satu lingkungan tertentu (ludwig,
1997)
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa sistem mengandung komponen yang saling
berkaiatan(interrelated),
merupakan suatu kesatuan (unity) dan
bertujuan.
2.2.
Karakteristik Sistem
a.
Mempunyai unsur-unsur/ elemen/ komponen
yang saling berhubungan.
b. Unsur-unsur/
elemen/ komponen dalam suatu sistem menunjukkan adanya
kesatuan dalam proses yang mengarah pada satu tujuan.
c. Pencapaian
tujuan ditandai dengan berfungsinya secara terorganisir komponen/ elemen/
unsur-unsur di dalam sistem tersebut .
2
3.2.Komponen Serta Saling
Keterhubungan Komponen Tersebut dalam Pendidikan
Terdapat
dua komponen dalam garapan pendidikan sebagai sistem yaitu Tinjauan
pendidikan secara mikro dan Tinjauan
pendidikan secara makro.
a.
Tinjauan
Pendidikan Secara Mikro
Secara
mikro, garapan pendidikan dapat dilihat dalam beberapa komonen pokok yaitu :
v Tujuan
v Bahan
v Pendidik
v Peserta
didik
v Proses
v Hasil
v Balikan
Lihatlah
kajian berikut :
|
pendidik
|
|
BALIKANN
|
|
HASIL
|
|
PROSES
|
|
TUJUAN
|
|
bahan
|
S
|
PESERTA DIDIK
|
3
PENJELASAN
:
Dalam kajian mikro, unsur pendidik dan
peserta didik serta interaksi keduanya merupakan isu utama dalam suatu program
pendidikan. Polanya lebih merupakan pendidikan sebagai upaya mencerdaskan
peserta didik melalui proses interaksi dan komunikasi yaitu ada pesan yang ingi
disampaikan dalam bentuk bahan ajar. Isi pesan tersebut dirancang sedemikian
rupa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kemudian fungsi pendidik lebih
merupakan pengirim pesan melalui kegiatan pembelajaran dikelas Maupin di luar
kelas. Sedangkan peserta didik lebih merupakan penerima pesan mengenai bahan
belajar yang sudah dirancang sejak awal. Proses belajar ini bisa dirasakan efektif bila terjadi proses komnikasi dua arah melalui
berbagai saluran dalam bentuk ragam sumber belajar dan media belajar yang
digunakan.
b.
Tijauan Pendidikan Makro
Secara
makro, simtem pendidikan menyangkut
berbagai hal atau komponen yang lebih luas lagi yaitu :
v Masukan
(input)
Ada
4 jenis masukan pendidikan yaitu terdiri
dari :
·
Sistem nilai dan pengetahuan misalnya
falsafat Negara, tujuan pendidikan nasional dsb.
·
Sumber daya manusia, termasuk di
dalamnya masyarakat, peserta didik, pendidik, dsb.
·
Masukan instrumental seperti perangkat
kurikulum, panduan, silabus dsb.
·
Masukan sarana termasuk di dalamnya
fasilitasnsarana pendidikan yang harus dipersiapkan.
v Proses
Yaitu
segala sesuatu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar atau proses pembelajaran
di sekolah maupun di luar sekolah.
Dalam
komponnen proses ini termasuk di dalamnya telaah kegiatan belajar dengan segala
dinamika dan unsur yang mempengaruhinya, serta telaah kegiatan pembelajaran
yang dilakukan pendidik dalam kerangka memberikan kemudahan kepada peserta
didik untuk terjadinya proses pembelajaran.
4
v Keluaran
(output)
Hasil yang diperoleh pendidikan bukan hanya terbentuknya
pribadi lulusan atau peserta didik yang memiliki pengetahuan,sikap, dan keterampilan
sesuai dengan yang diharapkan dalam
tujuan yang ingin dicapai. Namun juga keluaran pendidik mencakup segala hal
yang dihasilkan oleh garapan pendidikan berupa kemampuan peserta didik, produk
jasa dalam pendidikan seperti hasil penelitian, serta produk barang berupa
karya intelektual ataupun karya yang fatnya fisik material
v Komponen pendidikan menurut P.H.Coombs(1968)
P.H.Coombs
mengungkapkan 12 komponen pendidikan yang berkaitan dan berhubungan satu sama
lain yakni sbb :
1.Tujuan dan Prioritas
Yakni komponen yang mengungkapkan ke
arah mana garapan pendidikan akan
diarahkan dan kegiatan apa yang menjaadi focus garapan untuk mencapai garapan
tersebut.
2.
Pesesrsta Didik
Yakni fungsinya belajaar dan peserta didik mengalami
proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan system pendidikan.
3.
Manajemen atau Pengelola
Berfungsi
mengkoordinasi, mengarahkan, dan menilai system pendidikan.
4.
Struktur dan Jadwal Waktu
Yakni sebagai pengatur pembagian waktu dan
kegiatan.
5.
Isi dan Bahan Belajar
Yakni menggambaarkan luas dan dalamnya bahan
pelajran yang harus dikuasai peserta didik.
6.
Pendidik
Komonen sumber daya instansi yang
melaksanakan garapan pendidikan. Fungsinya memberikan layanan untuk kelancaran
proses pembelajaran kepada peserta didik.
7.
Alat Bantu Belajar
Berfungsi membuat proses pendidikan yang
lebih menarik dan bervariasi dan berfungsi member kemudahan belajar kepada
didik.
8.
Fasilitas
Komponen ini merupakan sarana dan prasarana
pendukung terjadinya proses belajar mengajar.
5
9.
Teknologi
Komponen yang berfungsi melancarkan dan
meningkatkan cara kerja proses pendidikan
10.
Pengawasan mutu
Komponen pokok yang mengatur terbinanya
kualitas hasil pendidikan sesuai dengan harapan dan cita-cita. Melalui komponen
ini, program pendidikan lebih ditingkatkan terutama yang berkaitan dengan
produk yang dihasilkan.
11.
Penelitian
Komponen yang bersumber pada pengetahuan
ilmiah ke arah pengetahuan system pendidikan.
12.
Ongkos Pendidikan
Merupakan karya biaya (cost) atas pelaksanaan pendidkan yang fungsinya untuk meningkatkan
efisiensi dan efektiitas program pendidikan yang dilalksanakan.
Secara lebih lengkap tentang kajian
makro system pendidikan ini dapat dilihat pada diagram berikut ini :
|
Proses
Pendidikan
1.
Tujuan
2.
Peserta didik
3.
Manajemen
4.
Struktur/Jadwal
5.
Isi
6.
Pendidik
7.
Alat Bantu Pendidikan
8.
Fasilitas
9.
Teknologi
10.
Pengawasan Mutu
11.
Penelitian
12. Biaya
|
|
MASUKAN
|
|
HASIL
|
6
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Mengingat
ilmu merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai pondasi
kehidupan dan merupakan penentu hidup manusia. Bahkan di dalam islam, ilmu itu
wajib dituntut sejak lahir sampai akhir hayat seseorang. Maka untuk mendapatkan
ilmu tersebut seseorang harus menempuh yang namanya pendidikan. Baik di mulai
dari keluarga maupun sampai ke pergurun tinggi, baik yang bersifat akademik
maupun non akademik.
Oleh karena itu kita perlu
mengetahui bagaimana ilmu itu dapak kita
miliki dengan menempuh pendidikan dan mengetahui juga sistem pendidikan guna
menciptakan manusia-manusia yang yang berahlak dan berkompeten penulis membuat
makalah ini.
1.2
Rumusan Masalah
a. Apa
itu sistem ?
b. apa
saja karakteristik sistem ?
c. Apa
saja komponen-komponen Sistem ?
d. Bagaimana
hubungan antar komponen tersebut ?
1.3
Tujuan Penulisan
a. Mengetahui
pengertian sistem !
b. Mengetahui
karkteristik sistem !
c. Pembaca
dapat memahami komponen-komponen dalam sistem !
d. Pembaca
juga bisa mengetahui dan mengerti bahwa komponen-komponen dalam pendidkan mempunyai
hubungan yang sangat erat !
7
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa sistem mengandung komponen yang saling
berkaiatan(interrelated) dan
merupakan suatu kesatuan (unity) dan
bertujuan yang mempunyai dua komponen yakni dapat dilihat secara mikro dan
secara makro dan juga mempunyai 12 komponen yang sangat penting yakni : tujuan,
peserta didik, manajement, struktur/jadwal, isi, pendidik, alat bantu
pendidikan , fasilitas, teknologi, pengawasan mutu, penelitian, dan biaya yang
semuanya saling mempengaruhi dan salaing ketergantungan berdasarkan fungsi
masing-masing komponen.
3.2
Pesan/Saran
Dengan adanya maklah yang sederhana ini
penulis sangat mengharapkan agar makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi
para pembaca. Penulis juga mengucapkan beribu ucapan kata maaf jika terdapat
banyak kekurangan-kekkurangan yang terdapat dalam makalah ini. Oleh sebab itu
penulis mohon dan meminta kepada para pembaca agar dapat memberikan kritik atau
saran yang bersifat membangun guna perbaikan makalah yang sangat sederhana ini
dan penulis juga mengucapkan terima kasih.
8
Daftar
Pustaka
§ Supardi,
dkk(2007). Pengantar Pendidikan.Jakarta:Universitas
Terbuka.
§ Rasyid,
dkk(2012).Pengantar Ilmu Pendidikan.Jakarta:UTM Press.
§ Google
searching.
9
Komentar
Posting Komentar